Ternyata Analisis Risiko dan Teliti Sangat Penting dalam Berinvestasi Bisnis

Percetakan Zulvis Printing
image:web

                                                                                                          image:web

MalukuBisnis- Sebenarnya jika kita berinvestasi tidak ada yang namanya aman dari risiko. Tidak ada investasi seratus persen aman risiko. Sehingga tidak jarang banyak investor yang menderita kerugian. Kerugian dalam investasi ada yang puluhan juta, ratusan juta dan ada pula yang kerugiannya mencapai milyaran rupiah.

Percetakan Zulvis Printing
Oleh karena itu sebagai sebagai orang atau pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) untuk berinvestasi, kita dituntut untuk lebih selektif dalam memilih bidang yang ingin kita investasi. Jika salah prediksi dan salah perhitungan sedikit saja kita bisa menderita kerugian.
Paling penting dalam investasi adalah analisis untuk kemajuan bisnis dimasa yang akan datang. Mengapa perlu menganalisis bisnis untuk masa yang akan datang? Jawabannya karena jika kita berinvestasi bukan hanya untuk waktu jangka pendek misalnya satu tahun saja, tapi untuk jangka waktu yang panjang misalnya 3 sampai 10 tahun.
Ada beberapa bisnis yang diawal menjanjikan peluang investasi yang menjanjikan, tapi ketika kita berinvestasi kita malah rugi. Mengapa ini bisa terjadi? Jawabannya ini karena bisnis jangka pendek seperti ini kurang cocok untuk diberikan investasi.
Bisnis yang tidak cocok untuk di investasikan adalah bisnis jangka pendek dan tidak bisa bertahan lama. Maksud yang bertahan lama ialah untuk beberapa tahun kedepan bisnis ini masih potensial untuk dijalankan dan bisa mendatangkan keuntungan.
Mengenai pentingnya ketelitian dalam investasi. Seperti banyak kasus yang terjadi, orang-orang mudah sekali tertarik dengan investasi. Sehingga ada banyak kasus ketika berinvestasi hanya dengan iming-iming pembagian deviden yang besar dan jaminan investasi yang aman, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi tapi malah tertipu.
Sehingga tak jarang banyak yang tertipu dengan investasi bodong. Bahkan orang-orang terdekat yang berada disekitar kita banyak yang menjadi korbannya. Menurut saya kasus ini salah satu akibat dari kurangnya ketelitian dalam memilih investasi yang aman.
Tidak masalah investasi kita mendatangan keuntungan yang tidak besar tapi aman, ketimbang iming-iming penghasilan yang besar tapi malah ditipu.Kadang jumlah investasi yang tertipu jumlahnya tidak sedikit, sehingga tak jarang membuat orang stres dan frustasi. Di situ kadang saya merasa sedih .
Sebenarnya jika kita termasuk tipe orang yang takut mengambil risiko yang besar, kita bisa memilih jenis investasi yang risikonya kecil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam investasi tidak ada yang benar-benar aman 100 persen. Hanya saja risiko bisa diminimalisir.
Jenis investasi yang minim dan aman dari risiko misalnya dengan menanamkan deposito berjangka di perbankkan konvensional atau bank syariah, investasi melalui Reksa Dana, atau investasi dengan membeli Obligasi Negara Ritel (ORI). Selain investasi diatas masih banyak lagi peluang investasi yang  aman.
Kesimpulan yang bisa diambil dalam artikel ini ketika berinvestasi sebaiknya kita harus teliti dalam memilih investasi yang benar-benar aman. Teliti ini bertujuan agar kita bisa aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu perlu dianalisis dan diselidiki kebenaran investasi, dianalisis peluang keuntungan dan risikonya. Sehingga tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan dalam berinvestasi.(tuliside.com/mb)
1832 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ichal Shop Ambon