Seluruh Depot Air Isi Ulang di Ambon Bakal Wajib Lakukan Uji Kelayakan

Percetakan Zulvis Printing

Maluku Bisnis – Ambon. Seluruh depot atau agen air isi ulang di Kota Ambon, bakal diwajibkan melakukan uji kelayakan air minum sebelum dipasarkan. Hal ini sebagaimana diungkapakan Anggota Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kota Ambon Ahmad Ohorella kepada InfoMaluku di Ambon. Jumat (29/9).

Alasannya, kata dia, saat ini Pansus II tengah mempelajari Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD tentang uji kelayakan air minum untuk diterapkan di Kota ini. Terkait hal tersebut, Pansus II melakukan studi banding ke Kota Karawang, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Alasannya, Pansus memilih ke Karawang, dikarenakan Karawang telah memiliki perda dimaksud, dan telah diterpkan di kota itu. Karenanya Pansus II memilih menuju Karawang untuk mempelajari sistem penerapan perda tersebut di sana.

“Makannya di karawang itu ada lab tempat pengujian tingkat higienisnya air. Apakah itu air konsumsi maupun air mandi. Jadi di uji di lab itu sebelum digunakan. Jadi ada semacam UPTD yang dibentuk untuk melihat tingkat higienitas airnya itu,”kata nya.

Dikarawang kata dia, bukan saja air minum, namun untuk menjamin ketersediaan air untuk keperluan mandi pun di uji kelayakan konsumsinya dalam sebuah lab uji kelayakan milik daerah yang dikelola lembaga unit pelayanan terpadu di daerah itu. sebelum akhirnya, oleh dinas kesehatan setempat memberikan rekomendasi kepada tempat-tempat yang menyediakan air isi ulang untuk beroperasi.

“Makannya di karawang itu ada lab tempat pengujian tingkat higienisnya air. Apakah itu air konsumsi maupun air mandi. Jadi di uji di lab itu sebelum digunakan. Jadi ada semacam UPTD yang dibentuk utnuk melihat tingkat higienitas airnya itu khan.

Karena itu menurutnya, perda ini penting dibentuk. dan diberlakukan di Ambon. Sebab selama ini hampir seluruh tempat air isi ulang atau depot isi ulang di Kota ini belum pernah dilakukan uji kelayakan airnya. Sehingga perlu dibentuk satu badan hukum yang mengikat untuk menjaga dan menjamin ketersediaan air minum yang higienis bagi warga di kota ini.

Karena itu, nantinya setelah ranperda ini di sahkan, pemerintah kota melalui dinas kesehatan, dapat melakukan fungsi kontrolnya dengan baik. Agar jaminan akan higienitas air di setiap depot air isi ulang itu bisa dijamin kebersihan dan tingkat higienitasnya.

“Makannya diharapkan ketika perda ini diterapkan mudah-mudahan pemerintah kota bisa menjalankannya dengan baik. Karena hampir semua air isi ulang di Ambon ini, tidak pernah ada uji lab dan segala macamnya,”ungkapnya.
Jika demikian, kedepan nantinya, seluruh depot air isi ulang diwajibkan melakukan uji kelayakan konsumsi, sebelum air tersebut dipasarkan kepada warga di kota ini.

UMC Kid'z Center

“Iya, jadi kalau memang ini ada, wajib hukumnya depot untuk itu. Apakah nanti perda itu mengarahnya kepada UPTD teknis yag mana, dialah yang nanti dia bisa mengecek soal kadar air yang ada ditiap depot air isi ulang itu,”tandasnya. [im/mb]

262 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ichal Office