PU Siapkan Rp14 T untuk Pemukiman di 2015

Percetakan Zulvis Printing

JAKARTA,MB. – Kementerian Pekerjaan Umum (PI) melalui Dirjen Cipta Karya menganggarkan Rp14 triliun untuk tahun 2015. Hal ini berfokus dalam pengembangan pemukiman. Menurut Dirjen Cipta Karya Imam S Ernawi, anggaran tersebut untuk mengembangkan pemukiman, sanitasi dan limbah.

“Awalnya kita mulai dari pemukiman kumuh, bukan dari air minum atau limbah. Caranya ya dengan pendekatan pada pemukiman kumuh se-Indonesia. Dan sudah dipetakan. Kita sudah dapat kabupaten kota prioritas udah dapat. Desain program juga sudah,” kata dia  di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Lebih lanjut Imam mengungkapkan kabupaten kota yang sudah dipetakan kawasannya adalah teridentifikasi sebanyak 240 kota, tapi yang ditangani secara prioritas adalah 114 kota.  “Bukan berarti sisanya tidak. Tapi menjadi second prioritas,” tambahnya.

Dari hasil tersebut, Imam mengatakan akan terlihat kabupaten kota mana yang butuh drainase, TPA, dan lain-lain.

Ia juga menuturkan, alokasi dana ini nantinya seimbang antara pemukiman, limbah dan sanitasi.

“Kendala ke depan ini tidak bisa diandalkan dari APBN saja. Maka kita ajak Pemda dan CSR juga. Kita lakukan MoU untuk ngikat mereka. Pemukiman kumuh memang agak spesifik penanganannya. Enggak kaya jalan,” tutup dia. (Oz/MB)

1248 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Ichal Shop Ambon