PAD Pemkot Ambon Capai 75.25 Persen

Percetakan Zulvis Printing

Maluku Bisnis – Ambon. Pendapan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Ambon melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Ambon, di tahun 2017 ini mencapai 75,25 persen.

“Jadi BPPRD Kota Ambon sampai dengan posisi hingga 31 agustus 2017 telah terealisasi 75,25 persen,” Ujar Kepala Dinas Pendapatan Kota Ambon, Jopie Silanno kepada wartawan ruang kerjanya, Selasa (26/9).

Menurutnya, hasil yang diperoleh mencapai 75.25 persen adalah hasil pencapaian untuk PAD hingga triwulan II per 31 agustus kemarin.

Ia menuturkan, jika rencana untuk target PAD pada tahun ini sendiri adalah sebesar 82,5 miliar. Dan untuk data yang masuk hingga Agustus kemarin adalah sebesar 62.099 miliar.

“Jadi ada masih kurang 20.4 miliar untuk capai rencana target tahun ini yang sebesar 82.5 miliar,” tuturnya.

Dikatakan ada beberapa upaya yang telah dilakukan oleh pihaknya dalam pencapaian PAD sesuai dengan target yakni melakukan kegiatan pengawasan, melakukan kegiatan penagihan dan pengawasan tapping box.

Untuk Kegiatan pengawasan dilakukan karena dinilai sangat bermanfaat untuk mendorong peningkatan PAD.

“Kenapa kegiatan pengawasan ini dia sangat bermanfaat untuk mendorong peningkatan PAD karena jenis pajak hotel, restoran, hiburan dan reklame itu adalah jenis pajak yang dipungut sistim pemungutannya menggunakan sistim secara assement artinya wajib pajak itu mengumpulkan setiap hari pajak yang dia pungut lalu dia akumulasi selama 1 bulan kemudian dia setor, dan fungsi pengawasan ada di situ sehingga menjamin bahwa apa yang dia punggut itu dia setor itu upaya pengawasan,” terangya.

Sedangkan untuk kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh pihaknya diterapkan hingga hari sabtu dimana pihaknya dapat menemui wajib pajak yang tidak bisa ditemui dalam hari kerja. “Ini karena supaya kita menemui orang yang pada hari sabtu itu libur tidak melakukan aktivitas di kantor misalnya. sehingga hari sabtu itu kegiatan pemungutan dapat terjadi,” tambahnya.

Dia menambahkan jika pengawasan tapping box yang telah dipasang oleh pihaknya dilakukan agar penggunaan tapping box oleh wajib pajak dapat digunakan dengan semestinya mengingat bahwa tapping box berfungsi untuk mengcover semua transaksi pajak yang dipunggut oleh para wajib pajak.
Dia berharap dengan adanya berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pihaknya dapat memenuhi rencana untuk target PAD tahun ini yang sebesar 82.5 miliar dalam tahun ini. Dan kekurangan yang belum terpenuhi dalam beberapa bulan kedepan segera tuntas sehingga target PAD tahun 2017 sesuai dengan yang direncanakan. [IM/mb]

Ichal Office
198 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Distro Ambon