Mau Pintar Bisnis online? Kenali Istilah Ini

Percetakan Zulvis Printing

Maluku Bisnis – Pernah mendengar istilah online shop? Ya, belakangan ini online shop sudah menjadi favorit banyak orang dalam masalah jual beli barang, karena selain mudah dan simple, online shop juga dinilai lebih efisien dalam membantu banyak orang dalam mencari barang yang diinginkan.

Anda hanya perlu membuka internet di rumah, bisa melalui HP ataupun komputer, kemudian mencari barang yang ingin dibeli, kemudian Anda tinggal transfer uang sesuai dengan nominal yang akan dibeli, tunggu beberapa hari, maka barang pesanan Anda akan sampai ke rumah, begitulah cara kerja online shop. Situs yang menawarkan jual beli barang sendiri untuk saat ini sudah cukup banyak, sebut saja seperti tokopedia, bukalapak, lazada, olx, dan lain lain.

Namun dalam online shop atau bisnis online, ada banyak istilah yang mungkin jarang Anda dengar sebelumnya. Hal tersebut yang biasanya membuat banyak orang awam yang bingung mengenai bahasa yang seringkali digunakan oleh para penjual online. Bagi Anda yang masih awam dalam melakukan transaksi online terkadang  masih belum mengerti mengenai istilah – istilah yang sering digunakan di dunia online ini.

Berikut adalah daftar istilah yang sering digunakan di dunia internet dalam melakukan transaksi jual beli ataupun bisnis. Berikut ini uraiannya:

1. Buyer

Istilah buyer dipakai dalam bahasa online shop yang artinya pembeli atau orang yang akan membeli suatu barang.

2. Seller

Sedangkan Seller sendiri merupakan kebalikan dari Buyer, yang artinya penjual. Seller adalah pemilik online shop atau orang yang menjual barang kepada Buyer.

3. COD (Cash On Delivery)

Istilah COD juga seirng sekali digunakan oleh orang-orang yang melakukan transaksi secara online. COD atau Cash On Delivery adalah cara pembelian dimana penjual dan pembeli akan janjian bertemu di suatu tempat untuk cek barang, ataupun pembayaran. Jadi dengan ini pembeli dapat mengecek kondisi barang secara detail, sehingga resiko penipuan akan menjadi sedikit.

4. Resi

Jika Anda melakukan transaksi jual beli secara online, maka Anda tidak akan asing mendengar kata resi. Resi merupakan bukti pembayaran secara tertulis ketika seseorang akan mengirimkan barang. Nah, jika Anda telah membeli suatu barang, maka jangan lupa untuk menagih resi kepada si penjual atau seller

Booked / Booking

Booked adalah suatu kondisi dimana suatu barang sudah dipesan oleh seseorang, sehingga si penjual akan mengatakan bahwa barang sudah di book orang lain. Sedangkan booking sendiri adalah dimana Anda akan memesan barang si penjual. Biasanya untuk melakukan booking sendiri membutuhkan DP atau uang jaminan.

5. Sold

Sold atau artinya barang sudah terjual. Pernyataan ini digunakan untuk menyatakan bahwa kondisi barang sudah terjual laku.

6. Return

Return berarti mengembalikan, biasanya return dilakukan ketika seseorang mendapatkan barang yang cacat ketika membeli sebuah barang. Maka pembeli dapat melakukan return atau pengembalian kepada si penjual atau menukarnya.

7. Refund

Berbeda dengan return, refund berarti membatalkan transaksi yang sudah disepakati. Refund mungkin bias dilakukan apabila ada kesalahan teknis seperti uang sudah terlanjur di transfer, ternyata stok barang kosong, sehingga pihak pembeli dapat meminta refund atau pengembalian uang.

8. Ready Stock

Ready stock berarti bahwa stock barang yang ada tersedia untuk dipesan oleh calon pembeli.

9. Out Of Stock

Jika Out Of Stock merupakan kebalikan dari Ready Stock, yakni stok yang ada ditangan penjual sedang kosong, maka pembeli harus menunggu hingga stock yang ingin dipesan kembali ready.

10. Testimonial

Testimonial atau yang biasa disebut dengan testi adalah pernyataan dari pihak pembeli mengenai produk ataupun jasa yang dijual oleh si penjual. Fungsi dari testimonial ada untuk meyakinkan pelanggan lain mengenai barang atau jasa yang diperjual belikan.

11. Restock

Restock berarti bahwa barang yang ada sedang dalam posisi kosong, namun dari pihak penjual akan segera menyiapkan kembali atau memperjualbelikan kembali barang yang dalam keadaan kosong.

UMC Kid'z Center

12. Reseller

Reseller merupakan orang yang menjual barang milik orang lain kepada pelanggannya. Istilah lain dari Reseller adalah calon yang menjual kembali barang yang sudah dibeli.

13. Trusted Seller

Trusted Seller atau yang berarti penjual terpercaya merupakan suatu cap atau pengakuan oleh banyak orang bahwa si penjual merupakan seorang penjual yang terpercaya.

14. PO (Pre Order)

Istilah PO sangat sering didengar dalam dunia online. Arti dari PO atau Pre Order sendiri adalah proses pemesanan suatu barang yang posisi barangnya akan dipesankan oleh seller, sehingga si pembeli akan membayar terlebih dahulu, kemudian si seller akan memesankan atau membuatkan barang yang dipesan kepada pembeli.

15. Supplier

Supplier adalah sebutan untuk pihak yang memberikan pasokan barang untuk dijual kepada si penjual.

16. DP ( Down Payment)

Down Payment atau biasa disebut dengan DP adalah pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, namun nominal yang dibayarkan tidak seluruhnya, bisa saja setengah maupun seperempat dari harga yang dibeli. Biasanya sistem DP digunakan untuk Pre Order.

17. FP (Full Payment)

Full Payment merupakan kebalikan dari DP, yang mana pembeli akan melakukan pembayaran secara total terhadap harga yang ditentukan.

18. Dropship

Dropship mungkin hampir sama dengan Reseller, namun perbedaan utamanya adalah jika dropship merupakan seseorang yang menjual suatu produk dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku seller atau si penjual.

19. Hit And Run

Jika yang satu ini mungkin jarang didengar didunia online, namun masih ada saja yang menggunakan istilah Hit And Run ini. Hit And Run berarti seseorang yang berjanji ingin membeli suatu barang, namun ternyata dia malah kabur. Atau juga berlaku bagi orang yang suka tanya mengenai barang, tetapi tak kunjung membelinya.

20. Ongkir

Ongkir atau biasa disebut pula dengan ongkos kirim adalah biaya tambahan yang akan dikenakan oleh pembeli karena pengiriman barang. Jadi dalam mengirimkan barang butuh biaya yang disebut Ongkir.

Online Shopper Pemula, Jangan Malu untuk Bertanya

Tren bisnis online yang makin booming, mau tidak mau akan membawa Anda ke sistem transaksi baru berbasis teknologi. Bagi Anda yang masih baru, baik sebagai pembeli maupun memulai bisnis ini, jangan malu untuk bertanya dan mencoba. Pastikan Anda mencari informasi lebih dalam mengenai reputasi partner Anda dalam berbisnis online sehingga Anda terhindar dari penipuan online. Ulasan istilah dalam transaksi online diatas bisa membantu Anda mengenal lebih jauh tentang model bisnis ini. [mb/cermati]

 

1107 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ichal Office