Institusi Jasa Keuangan Maluku Gelar PES 2017

Percetakan Zulvis Printing

Maluku Bisnis – Ambon. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon akan segera menggelar Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2017.

“Kami siap menggelar PES pada 24-29 Oktober 2017,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi yang juga selaku Pembina MES Maluku di Ambon, Jumat.

Penyelenggaraan PES 2017 merupakan salah satu upaya untuk menyosialisasikan, mengedukasi dan menampilkan produk maupun kegiatan terkait ekonomi dan pola hidup syariah.

MES adalah organisasi independen yang beranggotakan perorangan, lembaga keuangan, lembaga pendidikan, lembaga kajian maupun badan usaha yang berhimpun untuk bersama-sama mengembangkan ekonomi syariah, berasaskan syariah Islam, serta tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Bambang mengatakan bersamaan dengan pelaksanaan PES 2017 juga akan dilakukan pelantikan pengurus MES Provinsi Maluku oleh pengurus MES Pusat pada 24 Oktober 2017 dirangkai dengan kegiatan PES 2017.

“PES 2017 dimulai dengan seminar nasional keuangan syariah yang mengangkat tema Meningkatkan Kesejahteraan Umat Melalui Optimalisasi Pengelolaan dan Penggunaan Wakaf Tunai/Produktif, serta zakat, infag, dan shadaqoh” pada 24 Oktober 2017,” ujarnya.

Seminar itu bertujuan memperkenalkan sekaligus menambah wawasan terkait pemanfaatan Wakaf dan dana ZIS bagi masyarakat Provinsi Maluku.

Menurutnya, seminar tersebut akan dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Muliaman Hadad yang akan memberikan sambutan kunci. Seminar itu juga diisi oleh narasumber dari berbagai instansi di antaranya Kantor Pusat Bank Indonesia, serta akademisi dari Unversitas Airlangga Surabaya.

Pada pembukaan kegiatan tersebut selain dilakukan pengukuhan pengurus MES Provinsi Maluku juga akan dilaksanakan penandatanganan MoU Negeri Binaan oleh MES dan beberapa perguruan tinggi, serta penandatanganan nota kesepahaman Waqaf Tunai oleh lembaga keuangan syariah penerima waqaf Tunai (LKSPWU) dan baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Rangkaian PES 2017 dilanjutkan dengan Maluku Halal Food Festival 2017 yang dilaksanakan di lapangan Merdeka Ambon pada hari Minggu tanggal 29 Oktober 2017.

Festival itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat Maluku terhadap gaya hidup syariah yang meliputi 3F (Food, Fashion, Finance) khususnya mempromosikan makanan atau kuliner halal yang ada di wilayah Kota Ambon.

UMC Kid'z Center

Bambang mengatakan untuk memeriahkan PES ini berbagai acara lain di antaranya sosialisasi keuangan syariah yang didukung oleh perbankan syariah, sosialisasi sertifikasi halal, fashion Show Cilik, demo alat masak, musik religi, cek kulit gratis serta fotografi. [ant/mb]

570 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook
Facebook
1Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Distro Ambon