Harga Cabai Merah di Ambon Melonjak

Percetakan Zulvis Printing

Maluku Bisnis – Ambon. Harga cabai merah biasa yang ditawarkan pedagang pada tiga lokasi pasar tradisional Kota Ambon, memasuki hari kedua di bulan Januari tahun 2017 melonjak.

“Harga cabai merah biasa sudah bergerak naik sejak kemarin dari Rp60.000 menjadi Rp75.000 per kg, baik di Pasar Mardika, Gotong Royong, dan Batu merah,” kata Rosmini, pedagang cabai di depan pasar ikan Arumbay kawasan Pasar Mardika, Ambon, Senin.

Dia mengatakan, kenaikan harga cabai di Kota Ambon secara merata terjadi karena produksi lokal yang dibeli dari petani di kawasan Desa Taino, Kecamatan Teluk Ambon sudah didapatkan dengan harga mahal.

Sedangkan cabai keriting panjang juga naik harganya dari Rp30.000 menjadi Rp40.000/kg, dan harga eceran Rp5.000/tumpuk kecil, untuk cabai rawit hijau masih tetap dijual dengan harga Rp45.000/kg.

Rosmini mengakui stok cabai rawit di pasar memang cukup banyak, namun harganya naik disebabkan harga beli dari para petani juga masih tinggi. Karena itu, agar pedagang tidak merugi banyak yang menjual eceran, seperti tumpuk kecil dijual dengan harga Rp5.000.

Kenaikan harga cabai tidak ikut mempengaruhi harga bumbu masak lainnya, seperti bawang merah tetap bertahan dengan harga Rp50.000/kg, dan bawang putih Rp40.000/kg, sedangkan harga eceran Rp5.000/tumpuk kecil.

Itong (45), pedagang bawang di depan lapaknya mengatakan, harga bawang bertahan cukup lama belum ada perubahan harga, karena stok cukup banyak dan didukung arus pasokan dari sentra produksi lancar.

“Ada teman-t5eman pedagang yang mau mencari keuntungan lebih dengan mencuci bawang hingga bersih dan siap dimasak, dijual dengan harga Rp45.000 per kg untuk bawang putih, dan Rp55.000 per kg untuk bawang merah,” ujarnya pula.

Ternyata, lanjutnya, bawang yang sudah dibersihkan lebih laku terjual lebih banyak dari bawang yang belum dicuci bersih.

Sedangkan untuk bumbu masak lainnya, seperti lengkuas, kunyit, sereh, dan jahe rata-rata harganya Rp5.000/ikat. [mb/antara]

Percetakan Zulvis Printing
984 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Distro Ambon