Campus Visit UI: Jadilah Founder Startup yang Suka Mencari Masalah Mengenal apa itu StarUp

Percetakan Zulvis Printing
image : techinasia

                                                                      image : techinasia

MalukuBisnis- Berawal dari kecintaannya dalam membaca dan menulis buku, Aulia Halimatussadiah menyalurkan hobinya itu dalam sebuah startup bernamaNulisbuku.com. Demikian sepenggal kisah yang dibagikan Aulia atau yang biasanya disapa Ollie ini di Tech in Asia Campus Visit  yang berlangsung di Universitas Indonesia, Selasa 22 September 2015. Lalu apa lagi yang ia sampaikan kepada para mahasiswa di sana?

Mengenal startup lebih dekat

Ollie membuka acara Tech in Asia Campus Visit kali ini dengan menjelaskan arti dari kata startup. Hal ini dikarenakan masih banyak pihak yang belum paham betul makna yang terkandung dari kata startup.

Menurutnya, startup adalah the action or process of setting something of in motion.Terdapat dua unsur penting dalam kata startup yaitu start yang artinya action dan up yang artinya motion

Konsep lain dari startup yang juga diperkenalkan Ollie adalah lean startup. Di dalamnya terdapat tiga fase yaitu build, measure, dan learn. Kesemuanya dilakukan secara berulang-ulang dari membuat suatu produk (Build), menyesuaikan produk baik itu dengan pasar atau kebutuhan (Measure), mengkaji ulang produk tersebut agar dapat lebih baik lagi (Learn) dan kembali lagi ke fase Build.

Contoh paling mudah dalam melihat aplikasi lean startup adalah aplikasi yang telah kita unduh dari platform aplikasi di smartphone. Seringkali kamu menerima pembaruan dari pengembang aplikasi tersebut. Apabila diperhatikan, pengembang aplikasi tersebut sebenarnya terus melakukan ketiga fase pada lean startup dengan tujuan produknya terus bisa diterima oleh pasar.

Founder yang baik itu…

Founder sebuah startup merupakah elemen yang krusial pada sebuah startup. Namun, apa kriteria seseorang untuk menjadi founder startup? Ollie menjelaskan bahwa seseorang yang gemar mencari masalah adalah calonfounder yang baik, tentunya dengan solusi dari pemecahan masalah tersebut.

Untuk mendirikan sebuah startup seorang founder sebenarnya tidak perlu jauh-jauh mencari masalah yang dialami orang lain. Kamu bisa mulai dengan mencari masalah yang kamu hadapi sehari-hari melalui passionkamu, karena melalui passion kamu biasanya lebih memahami diri kamu seutuhnya.

Tidak lupa juga Ollie mengingatkan bahwa skill yang dimiliki seorangfounder juga penting, karena untuk mendirikan startup dengan modal yang minim dibutuhkan kemampuan yang cukup untuk mengembangkan startuptersebut.

Percetakan Zulvis Printing

Berkaca dari Nulisbuku

Di kesempatan tersebut Ollie juga berbagi cerita mengenai kisahnya mendirikan Nulisbuku Berawal dari kesukaannya dalam membaca dan menulis buku. Sepanjang perjalanan kariernya, ia sudah lima belas kali menerbitkan buku sebelum mendirikan Nulisbuku. Hingga pada saat akan menerbitkan buku yang ke-16, Aulia dihadapi sebuah masalah dimana penerbit buku tersebut tidak dapat menerima buku tersebut.

Pada akhirnya Ollie sadar betul bahwa menerbitkan buku tidaklah mudah dan ini bukanlah masalah yang beliau hadapi sendiri, masih banyak di luar sana yang kesulitan menerbitkan buku. Akhirnya ia berinisiatif mendirikan Nulisbuku sebagai platform untuk para penulis buku untuk menerbitkan karya mereka sendiri. Hingga hari ini, terdapat 150.000 penulis terdaftar dan 5000 buku diterbitkan secara online di Nulisbuku.com.

Sebagai penutup, perempuan berhijab ini memberikan pesan-pesan kepada sekitar 150 mahasiswa Universitas Indonesia yang hadir pada saat itu untuk pantang menyerah ketika menemukan jalan buntu dalam mendirikan startup dan juga terus berbagi ilmu dan menginspirasi orang lain ketika sukses di kemudian hari. Share the love.

Bagi kamu mahasiswa yang tertarik dengan Campus Visit dan ingin menjadi bagian dari komunitas ini, kamu bisa bergabung ke dalam grupFacebook Tech in Asia – Campus Visit. Dalam grup ini, kamu akan bertemu dengan mahasiswa lainnya yang berjiwa entrepreneur dan dapat saling berbagi informasi yang menarik dan berguna. (MB/techinasia)

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

1576 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
UMC Kid'z Center