Campus Visit ITS: Bagaimana Implementasi Internet of Things dalam Kehidupan Sehari-hari? Lebih Mengenal IoT

Percetakan Zulvis Printing
image : id.technisia

                                                                                 image : id.technisia

MalukuBisnis- Pada Minggu, 4 Oktober 2015 kemarin dengan menggandeng FounderCubeacon, Aviyanto Tyo, Tech in Asia bekerja sama dengan Schematics Institut Teknologi Sepuluh Nopember kembali mengadakan acara Tech in Asia Campus Visit dengan mengusung tema Internet of Things (IoT).

Kali ini, pria yang akrab disapa Tiyo ini membagikan pengetahuannya di bidang IoT, terutama mengenai implementasi, sekuritas dan pemasarannya. Alumni ITS tersebut saat ini mengembangkan produkhardware bernama Cubeacon Box. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel sebelumnya mengenai Cubeacon di sini.

IoT dan aplikasinya

Berbicara mengenai IoT, Tiyo menjelaskan bahwa IoT merupakan interaksi dari sebuah hardware yang merambah ke ranah digital. IoT dapat digunakan untuk beberapa aspek, seperti micro location, smart public transportation, fast response in emergency situations, digital payment, dan lainnya. Contoh dari pengaplikasian pada micro location salah satunya digunakan untuk mempermudah menemukan barang pada saat belanja

Dengan teknologi ini, kamu bisa menemukan barang yang akan dibeli di supermarket akan menjadi lebih mudah dengan adanya petunjuk dari smartphone kamu. Petunjuk tersebut didapatkan dengan menggunakan teknologi IoT yang dihubungkan langsung dengan smartphone.

Mirip dengan micro location, smart public transportation digunakan untuk mempermudah alur tiket pada transportasi umum, seperti notifikasi jadwal keberangkatan Transjakarta atau commuter line. Hal tersebut dapat mencegah antrian panjang untuk pembelian tiket di stasiun atau halte.

Mengenai fast response in emergency situation, penggunaan IoT dapat berpengaruh pada kemudahan perawatan atau penanganan pasien di rumah sakit. Hal tersebut terjadi dengan adanya rekaman atau data riwayat pasien yang dapat mempermudah penanganan terutama keadaan darurat menjadi lebih cepat.

Tak hanya itu, IoT juga dapat digunakan dalam hal digital payment. Dengan menggunakan IoT, proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah karena berkurangnya edaran uang dengan menggunakan layanan pembayaran melalui smartphone.

Risiko penggunaan IoT

Pada dasarnya, IoT memang diperuntukan untuk digunakan dengan tujuan mempermudah penggunaannya dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa kemungkinan ancaman kepada penggunanya. Salah satunya adalah isu panas yang berlebih,

Ichal Shop Ambon

Ketika alat yang berhubungan secara langsung atau tidak langsung dengan IoT akan aktif selama 24 jam dimana dapat berpotensi menyebabkan alat tersebut akan overheat dan berpotensi mengakibatkan kerusakan lainnya. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan pemilihan material ataupun prosesor yang tepat untuk alat IoT.

Selain itu, ancaman yang paling besar dapat terjadi akibat pencurian data atau penyalahgunaan data yang terdapat pada alat IoT. Hal ini dapat terjadi karena alat-alat yang terhubung langsung dengan alat IoT biasanya akan menyimpan data-data personal yang merupakan kebiasaan si pengguna sehari-hari, maka dari itu data-data tersebut harus benar-benar dijaga kerahasiaannya. Salah satu cara menangkalnya ialah melalui enkripsi data.

Pemasaran IoT

Dalam pemaparannya, Tyo mengungkapkan bila Indonesia merupakan pasar terbesar di Asia untuk produk berbasis IoT. Oleh karena itu, potensi bisnis menggunakan IoT cukup tinggi untuk dilakukan. Permasalahannya adalah cara memasarkan produk IoT dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai IoT dan kegunaannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Tiyo menjelaskan bahwa pelaku startup tersebut harus mengetahui dan menyesuaikan model bisnis yang digarap dengan kebutuhan pembeli. Selain itu, faktor kurang terkenalnya istilah IoT di masyarakat juga dapat diatasi dengan menggunakan istilah analisisbig data dan kegunaannya dalam satu bidang.(MB/techinasia)

2013 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Ichal Office