2015, PT Nusa Ina Mulai Panen Kelapa Sawit

Percetakan Zulvis Printing

AMBON, MB – Ditengah polemik keberadaan PT Nusa Ina Group yang bergerak dibidang perkebunan kepala sawit di Seram Utara, perusahaan swasta ini siap melakukan panen perdana ditahun 2015 mendatang.
Panen perdana kepala sawit milik PT. Nusa Ina Grup ini akan dilakukan pada kwartal keempat tahun 2015 ini. Hasil dari panen tersebut sekaligus akan dilakukan pembagian hasil dengan masyarakat yang menyerahkan lahan mereka guna dipakai perusahaan tersebut.
‘’Saat ini pohon kelapa sawit milik Nusa Ina teLah mengeluarkan buah, tapi masih bersifat buah kelapa sawit pasir. Dengan kata lain, buahnya belum memenuhi standart atau kwalitas untuk dipanen. Nah, nantinya pada kwartal ke 4 tahun 2015 baru bisa dipanen, “ jelas pimpinan PT.Nusa Ina Grup, Sihar Sitorus kepada wartawan Sabtu (11/10) di Ambon.
Hasil panen tersebut lanjut Sitorus nantinya akan langsung diolah di perkebunan menjadi Coconut Palm Oil (CPO). Setelah diolah kemudian di bawa keluar Seram Utara guna dijual.
Mengenai sistim bagi hasil yang telah disepakati pihak Nusa Ina dengan masyarakat setempat, Sitorus mengatakan, untuk pembagian hasil, telah disepakati pembagiannya 70 persen untuk pihak perusahaan sedangkan masyarakat sekitar yang telah memberikan lahannya untuk ditanami kepala sawit, akan diberikan jatah 30 persen.
“Keseluruhan lahan yang diusahakan PT.Nusa Ina seluas 10 ribu hektar. Namun lahan yang akan dipanen nantinya yakni seluas 40 ribu hektar, “ bebernya.
Menyinggung mengenai usaha lain yang dilirik Nusa Ina selain Kelapa Sawit, Sitorus mengatakan. Seram Utara memiliki potensi lainnya yakni dibidang perikanan, peternakan dan pertanian. Dan kedepannya PT.Nusa Ina kemungkinan akan melakukan ekspansi pada bidang-bidang usaha tersebut.
“Kami telah bertekad bahwa semua hasil usaha PT.Nusa Ina grup di Seram Utara akan dikeluarkan dengan merek dagang made ini Seram Utara, atau paling tidak yang dikeluarkan adalah barang setengah jadi dan bukan bahan mentah, “ pungkasnya. (Ae/Mb)

9311 Total Pembaca 9 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Distro Ambon