11 Pekerjaan Menarik Buat Anda Para Lulusan SMA

Percetakan Zulvis Printing

Maluku Bisnis – Menemukan sebuah pekerjaan yang tepat setelah lulus SMA menjadi impian banyak orang, sebab tidak semua orang ingin segera melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Ada banyak orang yang memutuskan untuk langsung bekerja setelah lulus SMA, barangkali Anda salah satunya.

Bekerja setelah lulus SMA tentu akan sangat berbeda dengan bekerja setelah menyelesaikan kuliah, sebab kemampuan dan skill yang dimiliki juga tentu akan berbeda pula. Namun jangan khawatir, ada banyak juga pekerjaan yang bisa Anda pilih meski Anda hanya lulusan SMA saja. Bahkan jika ternyata Anda memiliki skill di bidang tertentu, maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan sebuah pekerjaan di bidang tersebut.

Bekerja di bidang yang Anda kuasai tentu akan membuat Anda lebih mudah dalam menjalaninya. Hal ini juga akan membuat Anda jauh lebih nyaman dan santai menjalani pekerjaan tersebut. Jadi jangan malas untuk mempelajari keterampilan tertentu yang bisa saja berpeluang untuk menjadi sumber penghasilan bagi Anda di masa yang akan datang. Sebab bukan hanya uang saja, Anda juga bisa memiliki kesempatan kerja yang jauh lebih luas jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu.

Tidak perlu takut ketika akan mulai mencari pekerjaan di usia yang masih sangat muda, di luar sana ada banyak sekali peluang kerja yang sesuai dengan usia Anda. Awalnya Anda mungkin akan sedikit kebingungan untuk mulai mencari sebuah pekerjaan, namun jika Anda tahu minat yang Anda miliki, maka Anda akan mudah menemukan sebuah pekerjaan yang paling tepat untuk Anda jalankan.

Beberapa pekerjaan di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam memilih sebuah pekerjaan setela lulus SMA:

1. Operator Produksi

Jika Anda berminat untuk masuk ke dalam sebuah perusahaan industri, maka Anda bisa  memilih pekerjaan ini untuk Anda jalankan. Saat ini Indonesia menjadi negara berkembang yang memiliki banyak industri di berbagai bidang, dan semua perusahaan tersebut tentu akan membutuhkan operator produksi dalam menjalankan usaha yang mereka lakukan. Anda bisa menjadi salah satu operator produksi bagi mereka, sebab pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh para lulusan SMA. Ada banyak sekali perusahaan industri di luar sana, artinya Anda memiliki banyak sekali peluang di bidang ini.

2. Customer Service

Menjadi customer service juga bisa menjadi pilihan, terutama bagi Anda yang perempuan, sebab pada umumnya perusahaan akan mempekerjakan staf perempuan dalam bidang ini. Hampir semua kantor akan memiliki staf customer service, yang tugasnya tentu saja menangani berbagai keluhan dan juga urusan yang terkait dengan pelanggan atau klien perusahaan. Dengan begitu, Anda akan memiliki banyak peluang bekerja sebagai customer service pada kantor-kantor tersebut.

Meski terlihat sederhana, namun pekerjaan customer service juga akan membutuhkan sejumlah pengetahuan yang cukup luas. Hal ini biasanya terkait erat dengan produk atau layanan yang dikeluarkan oleh perusahaan, jadi Anda harus siap-siap untuk mempelajari hal tersebut sejak awal.

3. Polisi

Mendaftar di Akademi Kepolisian juga bisa menjadi pertimbangan untukmu, terutama bagi Anda yang memang memiliki minat atau cita-cita di bidang tersebut. Ini tentu akan membutuhkan sejumlah syarat dan juga ketentuan yang ketat, jadi pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, agar jalanmu menjadi seorang polisi bisa ditempuh dengan lancar.

4. Asisten Pilot

Anda mungkin tidak pernah berpikir sebelum ini mengenai peluang kerja di bidang penerbangan dengan hanya mengandalkan ijazah SMU, bukan?

Jika Anda lulusan SMU jurusan IPA, maka Anda bisa memiliki peluang menjadi asisten polit meski Anda hanya lulusan SMA saja. Saat ini, ada beberapa perusahaan maskapai penerbangan yang membuka pelatihan pilot untuk lulusan SMA, jadi Anda bisa memiliki peluang kerja di bidang ini setelah lulus SMA.

5. Tenaga Data Input

Pekerjaan ini hanya akan sangat tepat untuk Anda yang memiliki ketelitian yang sangat tinggi dan juga kesabaran tentunya. Anda akan melakukan pekerjaan menginput sejumlah data ke dalam sistem yang telah ditentukan, di mana kejelian dan juga ketelitian Anda akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

6. Penulis

Pekerjaan ini sangat tepat untuk Anda yang memang memiliki hobi menulis, apalagi jika selama ini Anda telah terbiasa mengembangkan hobi tersebut. Menjadi penulis bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan setelah lulus SMA, sebab saat ini ada banyak sekali media online yang mau menerima penulis lepas, di mana Anda bisa bekerja secara online bersama mereka. Ini akan menyenangkan, terutama jika Anda memang benar-benar menyukai bidang tulis menulis.

7. Anak Buah Kapal (ABK)

Ini pekerjaan yang akan sangat membutuhkan kekuatan fisik dan juga mental, sebab bisa saja berbulan-bulan Anda akan meninggalkan rumah dan berada jauh di lautan. Menjadi seorang ABK, Anda akan dituntut untuk memiliki skill di bidang tertentu, karena di dalam pelayarannya kapal akan membutuhkan berbagai macam tenaga dan juga keahlian dari para pekerjanya / ABK. Ini bisa saja bukan sebuah pekerjaan yang tidak mudah untuk Anda, jadi pastikan Anda mengetahui dengan jelas mengenai bidang yang akan Anda tangani selama bekerja di kapal tersebut.

Ichal Office

Menjadi seorang ABK akan membuat Anda bepergian ke banyak tempat atau bahkan banyak negara sekaligus, tergantung pada kapal tempat Anda bekerja nantinya. Siapkan mental untuk sering bepergian jauh dan jarang pulang ke rumah.

8. Staf Agrikultur

Menjadi seorang staf agrikultur, maka Anda akan bekerja pada sebuah perusahaan peternakan, pertanian, atau mungkin perikanan. Pekerjaan ini sangat tepat untuk Anda yang menyukai alam, dunia tumbuhan dan juga hewan, sebab pekerjaan ini akan sangat berhubungan erat dengan hal-hal tersebut. Negara kita memiliki potensi alam yang sangat baik, sehingga Anda memiliki peluang yang baik untuk bekerja di bidang ini.

9. Asisten Dokter Gigi

Pekerjaan ini khusus untuk Anda yang tidak takut pada dokter gigi. Ketika menjadi seorang asisten dokter gigi, Anda tentu akan bekerja bersama dengan seorang dokter gigi nantinya dan tentunya pekerjaan ini akan berjalan lancar hanya jika Anda tidak takut pada dokter gigi saja.

Menjadi seorang asisten dokter gigi, maka Anda akan ditugaskan untuk membantu pekerjaan si dokter tersebut. Biasanya pekerjaan ini adalah mengurus pasien, pendaftaran dan juga berbagai hal lainnya yang tidak begitu merepotkan.

10. Pengajar Bimbingan Belajar

Pekerjaan ini hanya bisa Anda lakukan, jika Anda memang memiliki kemampuan akademik yang cukup baik, setidaknya di atas rata-rata. Anda bisa menemukan pekerjaan sebagai pengajar di tempat bimbingan belajar yang terdapat di wilayah tempat tinggalmu, biasanya anak-anak yang akan diajar adalah pelajar SD dan juga SMP.

11. Berbisnis Sendiri

Setelah lulus SMA, tidak ada salahnya jika Anda memulai untuk berbisnis sendiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Ini bahkan akan jauh lebih mudah, terutama jika selama ini Anda memang memiliki minat di bidang tersebut.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda pilih, mulai dari yang berskala rumahan, online, atau bahkan yang berskala besar. Hal ini tentu harus direncanakan dengan matang, sebab bisnis akan membutuhkan sejumlah perencanaan yang kompleks dan juga terukur. Jangan takut untuk memulai bisnis di usia muda, di luar sana ada banyak sekali pebisnis yang telah meraih kesuksesan di usia yang masih sangat muda. Mungkin Anda juga berminat untuk menjadi salah satu di antara mereka?

Bekerja Sesuai Minat dan Kemampuan

Memutuskan bekerja setelah lulus SMA tentu  bukanlah sebuah pilihan yang salah, terutama jika Anda memang sudah memiliki rencana dan juga kemampuan untuk hal tersebut. Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda temukan, pilih dan lakukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman dan santai dalam menjalani pekerjaan tersebut.

Jangan berpikir untuk menemukan sebuah pekerjaan yang jauh di luar kemampuan / skill yang Anda miliki, hal ini akan membebani diri Anda sendiri, sebab meskipun Anda menemukan pekerjaan tersebut, besar kemungkinan Anda tidak mampu menjalankannya karena kurangnya kemampuan Anda di bidang tersebut. Pilihlah sebuah pekerjaan yang kira-kira bisa Anda kerjakan dengan baik dan tentunya sesuai dengan skill yang Anda miliki. [cermati/mb]

1170 Total Pembaca 3 Yang Baca Hari Ini
Bagikan Info Ini :Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
Distro Ambon